Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Antara Manis dan Pahit

Antara Manis dan Pahit

NusantaraBerpuisi  - Antara Manis dan Pahit

Pahit dan manisnya kehidupan terkadang mampu memberikan pelajaran berharga buat kita untuk dijadikan renungan dan introspeksi diri. Sebab, perjalanan hidup tak akan lepas dari beragam persoalan dengan sejuta rasa berbeda. banyak kata manis dan pahitnya kehidupan bisa dijadikan inspirasi bermakna buat diri kita agar semakin bijak dalam menyikapi ujian hidup ini.

Seberapa beratnya cobaan hidup, tentunya selalu menyimpan pesan berharga. Misalnya saja pesan berharga tentang arti kesabaran, arti keikhlasan, kebersamaan, ataupun cinta dan persahabatan. Namun terkadang perjalanan hidup yang pahit bisa membuat kalian merasa kurang bersemangat menjalani hidup.

 Antara manis dan pahit dalam menjalani hidup. Tentu tidak semua orang dapat merasakan adanya rasa manis apabila tanpa didahului sebuah kepahitan yang sebelumnya telah menguji. Siapa pun akan mendapati halangan dan rintangan sebelum atau pada saat melalui proses. Kunci untuk menghadapi kepahitan ini adalah sebuah kesabaran, meskipun dirasakan sangat pahit harus kita telan, apabila kita ingin manis dapat kita rasakan pada akhirnya.

Dalam kesempatan kali ini, penulis menyampaikan tentang hal tersebut melalui sebuah puisi yang berjudul ANYARA MANIS DAN PAHIT.

Semoga amanat yang ada di dalamnya dapat membuat kita sadar, bahwa perubahan itu berlaku, baik dari susah maupun senang, atau sebaliknya.

ANTARA MANIS DAN PAHIT

Karya: Adi Taufik, S.Pd
            (Ridho An Nidzar)

Menatap mega yang tinggi menjulang
Angan terasa ikut mengawang
Menembus angkasa di luar pandang
Sampai akhirnya ke sudut ambang

Hakikat jiwa di luar sadar
Padahal raga di bumi terkapar
Terkulai lemah tetap terbiar
Dalam kalutnya mengharap sinar

Hari ke hari terus beranjak
Tiada sedikit pun berpindah jarak
Lalu, apa yang terselip di dalam benak?
Yang membuat kakinya enggan berpijak

Bangkitlah! Wahai jiwa pemuja khayal
Agar tak jauh engkau tertinggal
Tuhan telah memberi kita akal
Gunakan! Agar dapat menjadi bekal

Mari! Gantungkan asa setinggi langit
Sebagai penyemangat jiwa untuk bangkit
Namun, pulanglah ke bumi tanpa sulit
Di sini, kita rasakan manis dan pahit

Lampung, 11 Juni 2021

Antara Manis dan Pahit

Catatan Penulis

Manisnya hidup pun tidak selamanya kekal, sebab, hidup adalah proses. Begitu juga dengan apa yang kita miliki, semua itu adalah singgahan yang sifatnya sementara.

Kepahitan yang berubah menjadi manis merupakan sebuah proses alami, ia tercipta atas kehendak-Nya, dan seiring berjalannya waktu manis yang kita rasakan akan berubah kembali pahit, namun apabila kita lalai dan terlena dengan rasa manis tersebut.

Pahit dan manis merupakan suatu pengalaman yang harus dilalui. Jika kita sering merasakan manis dalam hidup ini, maka jangan melupakan siapakah yang telah menciptakan dunia ini.

Menghadapi Kepahitan, Kuncinya Adalah Kesabaran

Post a Comment for "Antara Manis dan Pahit"