Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Prosa Asmara Melati Cinta


NusantaraBerpuisi  - Berbincang soal melati, tentu akan lebih menarik apabila bunga ini ikut mewarnai kisah roman termasuk pada tema kita kali ini "Prosa Asmara Melati Cinta"

Di negara kita Indonesia ini, nama melati merupakan tanaman perdu, berbatang tegak dan merayap, tumbuhan ini hidup menahun. Daunnya berwarna hijau, bentuknya membulat, bunganya berukuran kecil. Pada umumnya bunga ini berwarna putih, memiliki aroma yang harum dengan mahkota bunga selapis atau menumpuk.

                          buka                          

Tanaman dengan aroma wangi ini menjadi lambang kesucian.  Tanaman ini asal mulanya dari Asia Selatan, kemudian tersebar hampir di seluruh dunia termasuk di negara kita Indonesia. Tanaman melati ini tiap spesies memiliki habitat yang berbeda-beda, namun secara umum habitat bunga ini dapat tumbuh pada tempat yang beriklim tropis pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.600 meter dari permukaan laut.

Baca juga

Berbincang soal melati, tentu akan lebih menarik apabila bunga ini ikut mewarnai kisah roman seperti puisi di bawah ini.

MELATI CINTA

Karya: Adi Taufik, S.Pd
          (Ridho An Nidzar)

Pada indahnya suasana pagi, kita bertemu lagi, di taman bunga yang begitu rindang. Kupetik sekuntum melati, kuselipkan pada hitam dan halusnya rambutmu. Aku terpesona, senyummu teramat menggoda.

Getar asmara semakin terasa, hingga berbunga asa di dalam jiwa. Asmara mengajarkan aku untuk berani mengutarakan cinta. Lewat suara lirih diiringi senyum manja, engkau menerima cintaku. Betapa bahagia hatiku!

Sayang! Jika putih melati ini lambang ketulusan, semoga mewarnai jalinan cinta kita. Aku berharap, engkau selalu ada; untukku!

Kini hati telah berpadu untuk mengharap restu ayah dan ibu, agar kita tetap bersatu. Tak ada yang tidak mungkin, jika Tuhan telah mengizinkan, kita berdua; pasti bahagia.


Lampung, 30 Maret 2021



Bunga melati lambang kesucian


Sebagai mana puisi di atas yang mengungkapkan, bahwa ada harapan yang dimiliki oleh kedua pasangan, agar kesucian selalu mewarnai perjalanan cinta mereka.

Di samping itu, dengan warna putih dan bau harumnya, bunga melati sering dikaitkan dengan berbagai macam tradisi di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan species ini pun ditetapkan sebagai puspa bangsa, merupakan satu dari tiga bunga nasional yang ada di Indonesia.

Bunga yang berbau harum ini telah menjadi lambang kesucian dan kemurnian yang di antaranya telah dibudidayakan manusia.

Baca puisi lainnya

Post a Comment for "Prosa Asmara Melati Cinta"