Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bait Cinta Sang Pengelana Puisi Ungkapan Kasih Sayang

NusantaraBerpuisi  - Puisi ungkapan kasih sayang merupakan sebuah puisi yang di dalamnya penuh ungkapan cinta. Hal tersebut dikarenakan cinta adalah sebuah ungkapan kasih sayang kita terhadap seseorang.

Pada dasarnya, cinta selalu berhubungan dengan romansa. Jadi sudah dipastikan bahwa jenis puisi ungkapan kasih sayang tak lain adalah puisi cinta yang tergolong ke dalam jenis puisi romansa.

Bagaimana tentang pengertian dan ciri-ciri puisi romansa itu? Silakan melihat materi tentang puisi yang ada di berbagai media.

Tentang Puisi

Puisi termasuk salah satu karya sastra digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan hingga lanjut usia banyak sekali yang suka membaca atau membuat puisi. Puisi juga merupakan salah satu dari pelajaran yang tak bisa dilepaskan di sekolah, dari SD hingga tingkatan lanjut. Akan tetapi, materi tentang puisi masih menjadi topik yang layak untuk dibahas.


Isi yang terkandung di dalam sebuah puisi bisa bersumber dari inspirasi atau kisah si penulis. Bahkan sebuah puisi itu juga dapat dijadikan sebagai wahana ataupun media yang sering digunakan penulis untuk menyampaikan pesan berupa ungkapan isi hati yang ingin ditujukan penulis kepada seseorang ataupun banyak orang, tidak terkecuali sebuah puisi cinta.

Puisi ungkapan kasih sayang selalu menyimpan sisi puitis sekaligus romantis yang dapat menggugah hati bagi setiap orang, terutama mereka yang sedang mengalami jatuh cinta. Jelas saja dalam hal ini cinta berperan sebagai topik yang paling universal di kehidupan seseorang. Tidak ada seorang pun yang tak butuh cinta. Itulah sebabnya topik tentang cinta menjadi hal yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Hingga saat ini, cinta menjadi tema yang sering diperbincangkan dari lisan ke lisan, paling laris dalam sebuah lagu, roman, drama, novel, cerita pendek, hingga pada sebuah puisi. Bahkan sejak berabad-abad yang lalu, puisi tentang cinta sudah populer, banyak sekali tokoh-tokoh dunia terkenal yang membuat puisi cinta dengan begitu indah.
Nah, yuk simak sama sama puisi berikut ini.

BAIT CINTA SANG PENGELANA

Karya: Adi Taufik, S.Pd
           (Ridho An Nidzar)
Tema: Cinta Sejati

Kata demi kata kurangkai
Menjadi bait-bait yang damai
Kuagungkan sajak-sajak cinta
Untuk kita

Seiring ikrar sumpah setia

Bersatu dalam sentuhan nada
Nada-nada kasih
Jalinan dua hati terpilih

Bersama janji kita disatukan
Nuansa bahagia kita rasakan
Kini kasih kita telah sampai
Indah laksana bunga mekar di tangkai

Harum
Mewangi menebar senyum
Terbukalah gerbang kebahagiaan
Inilah saat yang kita nantikan
Mekarlah sudah bunga di taman rindang
Menghiasi indahnya kasih dan sayang

Cinta yang dulu aku kenal
Menghiasi ruang-ruang khayal
Kini hadir hari spesial
Engkau dan aku menyatukan cinta yang halal

Adamu kini
Laksana sekuntum melati
Yang sebelumnya dalam genggaman
Kini damaimu dalam pelukan

Inilah bait bait cinta
Atas nama jiwa sang pengelana
Hadir bersama ikrar setia
Hanya untuk istriku yang tercinta

Lampung, 18 Februari 2021

Bait Cinta Sang Pengelana Puisi Ungkapan Kasih Sayang

Nah, demikianlah puisi tentang BAIT CINTA SANG PENGELANA sebagai salah satu contoh puisi ungkapan kasih sayang.

Pesan Penulis

Jangan lupa dua hal

1. Berbanggalah Menjadi Diri Sendiri

Saat kita menuliskan puisi, maka jadilah diri kita sendiri. Jangan terlalu terpaku oleh perasaan disukai ataupun tidak oleh orang lain. Jangan terlalu khawatir tentang kesan dari orang lain yang menilai bahwa puisimu terkesan cengeng atau terlalu romantis. Tuangkanlah apa yang menjadi sudut pandang yang sedang kamu rasakan ke dalam puisi itu. Buatlah puisi yang sesuai dengan perasaan yang teramat dalam yang kamu rasakan, bahkan terkadang perasaan tersebut sulit untuk diungkapkan secara lisan.

2. Tanamkan Sebuah Rasa Cinta Pada Karya Sendiri

Mengungkapkan perasaan melalui kalimat yang berseni adalah prinsip dalam membuat puisi. Untuk itu, dalam merangkai puisi cinta, yang perlu dimiliki adalah sebuah keinginan bagaimana mengungkapkan melalui seni berkata-kata. Melalui puisi, kamu tidak perlu menunggu menjadi pakar cinta atau seorang pakar puisi. Sejatinya, siapa pun diri kita, pastilah memiliki cinta dan berhak untuk mengungkapkannya dengan cara yang indah meski hanya berwujud rangkaian kata.



Puisi lainnya di sini

3 comments for "Bait Cinta Sang Pengelana Puisi Ungkapan Kasih Sayang"