Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Prosais dan Contohnya

Pengertian Prosais dan Contohnya

NusantaraBerpuisi - Pengertian Prosais dan Contohnya


Baca Juga di sini 6 Contoh Puisi Kiasan Penuh Makna untuk Kehidupan


Pengertian prosais dan contoh prosais berikut ini akan saya urai dalam beberapa bab agar dapat dimengerti secara jelas oleh sahabat semuanya. 

Daftar Materi
A. Pegertian Prosais
B. Ciri-Ciri Prosais
C. Cara Membuat Prosais
D. Contoh Prosais


A. Pengertian Prosais

Prosais merupakan karya tulis yang sudah dimasukkan ke dalam bentuk puisi yang ditulis tidak dalam format larik atau baris, melainkan ditulis dengan format paragraf seperti halnya pada sebuah karya tulis prosa. Puisi prosais sendiri di tulis dalam gaya yang sudah lazim dipakai sejak lama oleh para penyair terdahulu, hingga sekarang baik itu penyair muda ataupun penyair yang sudah senior pun menuliskan dengan format paragraf.

Jika diamati sekilas saja, tentu banyak yang berpendapat bahwa puisi prosais sulit untuk dibedakan dengan prosa. Yang menjadikan anggapan sulit tersebut tidak lain adalah bentuknya yang begitu mirip. Akan tetapi jika kita sudah memahami keduanya, sebetulnya keduanya bisa dibedakan secara yang cukup sederhana, di mana perbedaan yang ada di antara kedua karya sastra itu bisa dilihat dari dua aspek, yaitu penokohan dan juga alur/plot cerita.

Baca juga puisi lainnya
  1. Semilir Membujuk Cahaya
  2. Bedah Puisi Hadiah Dari Langit
  3. Puisi Kiasan Sarang-Sarang Lalat
  4. Asmara Berbunga Asa
  5. Syair Lidah Api
  6. Pewaris Cinta
  7. Kesunyian Membingkai Bahasa
  8. Pahlawan dan Sepotong Bambu

B. Ciri-ciri Puisi Prosais

1. Mengisahkan cerita secara padat, padu dan indah akan tetapi tetap melalui pilihan kata dan ritme.
2. Penulisannya berbentuk paragraf. Selain sebagai pembeda dari puisi-puisi yang lain, ini juga sekaligus menjadi ciri khas dari Puisi Prosais itu sendiri.


C. Cara Membuat Puisi Prosais

1. Langkah awal membuat puisi prosais yaitu menentukan tema dan judul
2. Mulailah untuk menulis puisi dengan menggunakan tipografi paragraf.
3. Perhatikan tanda baca yang ada pada puisi. Prosais berbeda dengan puisi lainnya yang tidak menggunakan tanda baca karena tipografinya, namun dalam puisi ini lebih menitikberatkan tanda baca pada setiap kalimat puisi tersebut.
4. Kembangkanlah puisi prosais tersebut dengan cara self editing.

D. Contoh Prosais

RAHMAT SANG PENGASIH

Tema: Semangat Juang Disabilitas
Karya: Adi Taufik, S.Pd
Genre: Prosais

Bagimu gerimis itu bukan lambang tangisan jiwa untuk meratapi kekurangan diri. Pada ketinggian puncak, langit melihatmu haus tetesan kasih alam semesta. Engkau tetap tenang menadah butiran lembut di awan karunia. Sejuk dan jernih kelak datang untukmu, pada cuaca tertentu yang pasti tiba.

Bersabarlah menantikan mendung dalam renung jiwa yang terus bersenandung, sebab itulah panji rahmat dari mega-mega. "Bacalah isyaratnya!" Ketika mentari menyembunyikan raga, tangisan langit akan turun, menjatuhkan butiran rahmat Sang Pengasih.

Siapkanlah telaga hatimu menampung kemenangan. Jadikanlah senandung ombak sebagai alunan syukur, jernihnya menampilkan tarian mesra untukmu; pemilik semangat juang yang tidak pernah terkalahkan. Engkau sanggup menghadirkan nyanyian ombak yang begitu merdu, membelai pasir-pasir pantai dengan sapaan lembut para buih. "Kuatkan hatimu!" Kekurangan fisik anggap saja lukisan seni kehidupan. Senyum semesta akan hadir, menghapus cacian yang pernah melumurimu dengan warna luka. Disabilitas bukanlah kemelaratan sepenuhnya, karena puisi semesta akan mampu membungkam mulut-mulut durjana. Saat sinar telah menerangi berbunganya semangat juang, yang terlihat adalah keindahan; hadiah kemenangan.
Lampung, 18 Desember 2021

CK: Disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental dalam jangka waktu lama yang dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif. Contohnya disabilitas fisik yaitu orang mengalami keterbatasan akibat gangguan pada fungsi tubuh. Cacat dapat muncul sejak lahir atau akibat kecelakaan ataupun penyakit.

Pengertian Prosais dan Contohnya

Demikianlah sekilas tentang pengertian prosais, ciri-ciri, cara membuat dan contoh prosais.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengertian Prosais dan Contohnya"