Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kupu Kupu Malam Contoh Puisi Nasib Wanita Pelacur

Kupu Kupu Malam Contoh Puisi Nasib Wanita Pelacur

Istilah kupu-kupu malam tersebut sering kali digunakan karena merujuk pada seorang wanita yang indah bagaikan kupu-kupu

NusantaraBerpuisi  - Istilah kupu-kupu malam merupakan kata kiasan, istilah ini sering sekali digunakan untuk menyebut wanita tuna susila yang mempekerjakan seks secara komersial alias pelacur, istilah yang lebih kasar untuk menyebut hal ini adalah wanita pelacur yang pekerjaannya adalah menjajakan diri demi uang dan sebagainya.

Selama ini tidak diketahui secara pasti, siapa yang menyebutkan pertama kali dan kapan dicetuskannya istilah kupu-kupu malam tersebut. Yang kita tahu bahwa istilah kupu-kupu malam tersebut sering kali digunakan karena merujuk pada seorang wanita yang indah bagaikan kupu-kupu. Namun kupu-kupu tersebut hidupnya hanya sebentar saja, yakni hanya sebatas pada malam hari saja. Kupu-kupu yang indah tersebut justru hanya dinikmati semalam saja. mungkin alasan inilah yang menjadikan sebutan wanita penghibur tersebut sebagai kupu-kipu malam.

Baca juga

Melalui kutipan tersebut, di sini saya mencoba membawakan istilah yang telah saya sebutkan di atas ke dalam bentuk puisi.

KUPU-KUPU MALAM

Karya: Adi taufik, S.Pd
(Ridho An Nidzar)
Tema: Kenikmatan Sesaat

Dengan sayap yang kaukibas
Dirimu terbang begitu bebas
Melintasi tempat yang begitu luas
Demi meraih rasa puas

Dan engkau menebar senyum penuh gairah
Berlapis madu di bibir merah
Tanpa mengenal rasa lelah
Hingga hasrat tunai sudah

Bagai kupu-kupu berkeliaran
Di malam hari penuh rayuan
Engkau turuti rayuan setan
Yang memalingkanmu dari jalan Tuhan

Tapi kini engkau sadar
Warna sayapmu telah pudar
Bagai serial terakhir diputar
Asmara pergi tutuplah layar

Engkau menyesal memilih jalan sesat
Karena bangga akan sebuah nikmat
Namun itu hanya sesaat
Dan penyesalanmu kini terlambat

Ibarat bunga cinta
Layu pudar warna
Hadiah dari sebuah lena
Kini menjadi sejarah yang penuh luka

Lampung, 01 Februari 2020

Kupu Kupu Malam Contoh Puisi Nasib Wanita Pelacur


Kesimpulan penulis:
Melalui kutipan puisi di atas, di sini saya menggarisbawahi, bahwa ada lima hal yang membuat manusia tertipu oleh kesenangan semu yang bersifat sementara.

1. Permainan
Ketika manusia melakukan permainan yang disenangi tentu akan merasa bahagia. Namun, hal itu semua hanyalah sementara saja, karena hal itu terikat dengan sifat dunia yang semu dan tidak mengherankan lagi bila permainan telah usai, maka hilanglah kebahagiaan tersebut.

2. Kesibukan 
Coba kita perhatikan aktivitas orang-orang di sekitar kita. Di antara mereka pasti ada yang larut dalam kesibukan demi berlomba meraih pencapaian sehingga seluruh kesibukan tersebut dikatakan dapat membuat sebagian kalangan justru merasa bahagia sehingga membuat lalai untuk meniti surga.

3. Penampilan 
Segala sesuatu yang menyajikan keindahan pada umumnya menghadirkan rasa bahagia sesaat manakala manusia mendapatinya.  Namun, semuanya itu hanyalah aksesoris kehidupan dunia. Saat melekat, maka terasa membahagiakan, begitu telah hilang, maka putuslah kebahagiaan. Tidak bersifat abadi. Hal ini merupakan salah satu dari contoh puisi yang berjudul "KUPU-KUPU MALAM" di atas.

4. Berbangga
Rasa bangga karena mendapati ataupun memiliki sesuatu terkadang tampak pada peningkatan status sosial atau bahkan pada sebuah pengetahuan. Tapi pada saat masa purna itu tiba, maka kebahagiaan pun mulai menuju senja kemudian sirna.

5. Harta
Satu lagi di antara sekian banyak yang menjadikan manusia larut ke dalam kesenangan semu dunia ialah berlomba memperbanyak harta. Para pengusaha banyak yang larut dalam kebahagiaan saat omzet mulai mengalami peningkatan, pasti terpikir olehnya, bahwa keuntungan telah datang. Namun, ketika mengalami sebuah kerugian, maka mulai datang rasa gelisah. Terlebih saat omset mengalami penurunan hingga terlambat membayar tagihan, maka kebahagiaan pun sirna.

Sajian puisi lainnya

Post a Comment for "Kupu Kupu Malam Contoh Puisi Nasib Wanita Pelacur"