Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Prosa Berjudul Sastra dan Bunga Bahasa


NusantaraBerpuisi - Secara garis besarnya, sastra adalah suatu ungkapan ekspresi manusia dalam bentuk suatu karya baik melalui lisan ataupun tulisan berdasarkan sebuah pemikiran, pengalaman, pendapat, perasaan dalam bentuk imajinatif, cermin kenyataan atau data asli yang terbentuk ke dalam kemasan estetis melalui media bahasa yang memiliki keindahan tersendiri.

Sedangkan jika kita kaji melalui pendapat para ahli yang mengungkapkan bahwa sastra merupakan bagian dari karya lisan atau tulisan yang menghadirkan berbagai karakteristik suatu keunggulan seperti orisinalitas, artistik, keindahan konten dan ekspresi di dalamnya.

Ada juga yang menyatakan bahwa sastra adalah suatu bentuk dan hasil suatu karya seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan hidupnya yang medianya berupa keindahan bahasa.

Dengan mengetahui bentuk dan arti tentang sastra yang menyatakan bahwa sastra itu adalah keindahan bahasa secara lisan dan tulisan, maka saya tulis sebuah karya sastra yang berbentuk puisi bergenre prosa yang saya beri judul SASTRA DAN BUNGA BAHASA berikut ini. Dengan harapan agar kita mampu menghayati makna yang terkandung di dalamnya, serta mengambil amanat yang disampaikan baik secara tersurat maupun secara tersirat.

Baca juga

SASTRA DAN BUNGA BAHASA

Karya: Adi Taufika Adi
           (Ridho An Nidzar)

Hari ini aku dendangkan sajak cinta lewat aksara untuk semesta. Aku berharap wajah bahasa selalu berseri. Nusantara dipenuhi warna yang berarti. Akan kuambil bagian dari lahan yang belum berpenghuni, agar lestari keindahan memajukan negeri.

Pertiwi menumbuhkan tunas-tunas dalam perbedaan. Ada amanat tentang budi pekerti menyatukan sebuah keharmonisan. Bersama menghijau saling tumbuh dan disuburkan. Itulah kasih sayang Tuhan.

Perbedaan bentuk daun menjadi sebuah panorama. Kejernihan yang mengalir kujadikan diksi untuk sastra. Sepenggal kata pasti berkilau laksana mutiara. Kehidupan terperangkap oleh segala pesona.

Dengan cinta, akan kubuka gerbang hati para pujangga bakti. Cintai alam kita, agar semakin berdimensi. Bukan sekadar mengajak pena-pena berbicara di atas kertas. Tunjukkan bukti, biarkan kesuburan menghadirkan bunga bahasa sejuta makna, tentang kebaikan.

Tirai langit telah tersibak. Hijau nan rimbun bangkit dengan keanggunannya. Bersama alam tercinta, kita gugah jiwa untuk bertakwa. Semoga kita semua, menjadi insan yang lebih berwibawa.

Lampung, 24 Juni 2021

Baca juga

Amanat Puisi

Amanat yang tertulis di dalam puisi di atas adalah: agar kita mengerti dan menghargai suatu perbedaan yang sifatnya positif, karena perbedaan itu bukan untuk diperdebatkan, melainkan agar kita tahu, betapa hidup ini kaya akan pengetahuan yang tidak ada pada diri kita, barangkali ada pada diri orang lain dan juga sebaliknya.

Manfaat Sastra

Dengan mengenal tentang sastra, maka berikut ini saya tuliskan beberapa manfaat sastra. 

Sastra mampu untuk menunjukkan kebenaran hidup
Sastra punya amanat untuk memperkaya rohani
Sastra dapat membuat seseorang memiliki bahasa yang sopan dan santun
Sastra dapat menjadikan seseorang lebih berbudaya.

Sastra itu bahasa yang memiliki keindahan

Demikian contoh dan penjelasan singkat tentang sastra.
Semoga berguna.


Baca puisi lain

Post a Comment for "Prosa Berjudul Sastra dan Bunga Bahasa"