Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tangisan Tanpa Suara Contoh Puisi Kepiluan

 Kepiluan Hidup Merupakan Puisi Kesedihan yang Membuat Air Mata Meleleh

NusantaraBerpuisi Kepiluan Hidup Merupakan Puisi Kesedihan yang Membuat Air Mata Meleleh

Puisi kepiluan hidup adalah puisi yang isinya tentang sebuah kepiluan yang dapat membuat air mata meleleh saat membacanya. Penderitaan atau sering dikenal dengan rasa sakit dalam arti yang lebih luas, dapat menjadi pengalaman ketidaknyamanan dan kebencian terkait dengan persepsi tentang adanya bahaya atau ancaman pada suatu individu. Penderitaan merupakan sebuah bentuk elemen dasar yang membentuk valensi negatif dari afektif fenomena. Kebalikan dari penderitaan adalah kesenangan atau kegembiraan.

Penderitaan ini sering kali dikategorikan sebagai fisik atau mentalHal ini bisa datang dan dialami oleh siapa pun dalam berbagai tingkat intensitas, dari yang ringan, sedang sampai yang tidak lagi tertahankan. Faktor-faktor dari durasi dan frekuensi terjadinya penderitaan tersebut biasanya senyawa yang intensitas. Sikap seseorang terhadap penderitaan pun dapat bervariasi secara luas pada penderita, menurut berapa banyak hal ini dianggap sebagai bentuk yang dapat dihindari atau tidak dapat dihindari, berguna atau tidak berguna, pantas atau tidak pantas.

Penderitaan dapat terjadi pada setiap kehidupan makhluk hidup dalam banyak cara, sering kali secara dramatis. Akibatnya, banyak bidang kegiatan manusia yang erat berkaitan dengan beberapa aspek dari penderitaan. Aspek-aspek tersebut dapat meliputi beberapa hal seperti: sifat penderitaan, proses, asal-usul dan penyebab, arti dan makna, berkaitan dengan pribadi, sosial, dan budaya perilaku, obat, manajemen.

Puisi Jiwa Berkelana Dalam Kesunyian (Klik di sini)

Sebagian besar umat  yang beragama memandang penderitaan sebagai bermakna. Namun, hingga saat ini, dalam khasanah filosofis (dan teologis), apa yang disebut masalah kejahatan dan penderitaan (the problem of evil and suffering) tetap tidak bisa terpecahkan.

Beberapa Penjelasan Yang Sangat Populer

Berhadapan dengan masalah sebuah kejahatan dan penderitaan yang terjadi, orang yang beragama memiliki beberapa penjelasan tentang hal tersebut. Setidaknya ada tiga bentuk penjelasan populer yang hidup di kalangan individu yang beragama.

Pertama, penderitaan adalah hukuman atas dosa atau juga sebagai bentuk peringatan dari Allah. Pandangan ini sungguh begitu populer. Lihat saja reaksi-reaksi yang pernah terjadi atas bencana tsunami Aceh atau Mentawai, gempa bumi dan erupsi Merapi di Yogyakarta, atau juga bencana-bencana di tempat yang lain.

Kedua, penderitaan di dunia akan diganjar dengan kebahagiaan kelak di surga, bagi yang sabar dan beriman dalam menghadapi cobaan hidup.

Ketiga, penderitaan merupakan suatu cobaan, syarat yang perlu (necessary condition) untuk harmoni / perkembangan. Pandangan yang satu ini sedikit lebih berbobot daripada sebelumnya, meskipun juga bukan tanpa keberatan dalam menjalaninya. Menurut pandangan ini, penderitaan merupakan syarat supaya keharmonisan tercapai dan manusia bisa berkembang untuk memperbaiki hidup.

Okelah gays, kita langsung saja ke puisi yang berhubungan dengan sebuah kepiluan dalam hidup ini.

TANGISAN TANPA SUARA
 
Karya: Adi Taufik, S.Pd
          (Ridho An Nidzar) 
Tema: Yang Terabaikan

Wahai istana sastra
Di atas mimbarmu aku bicara
Untuk mengungkap kata paling luka
Aku tujukan pada jiwa-jiwa sengsara

Dalam dekap nestapanya menahan sakit
Mereka rela menelan pil pahit
Batin mereka turut menjerit
Sedang penawar masih menggantung di langit

Tangisan tak bersuara
Tak jua berurai air mata
Hanya batin yang mampu merasa
Kisah lara pemungut sisa-sisa

Wahai jiwa-jiwa penikmat
Tidakkah terbisik sebuah amanat
Untuk kemaslahatan setiap umat
Agar singgasana duka tak menjadi tempat

Lihat, pandang, jangan terpejam
Lalu bicaralah, jangan terbungkam
Tolonglah demi restu penguasa alam
Agar dukanya tak lagi mendalam

 Lampung, 16 Februari 2021 

Kepiluan Hidup Merupakan Puisi Kesedihan yang Membuat Air Mata Meleleh

Demikianlah tentang puisi yang berjudul TANGISAN TANPA SUARA. Semoga kita semua selalu diberi kemudahan dalam berbagai hal. Aamiin ....

Baca juga puisi lainnya

Post a Comment for "Tangisan Tanpa Suara Contoh Puisi Kepiluan"