Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Puisi Tentang Sumpah Pemuda Saksi Tiga Ikrar

Logo Nusantara Berpuisi


Pemuda Adalah Tulang Punggung Negara

NusantaraBerpuisi - Sebelum melangkah pada tema kita yaitu "Puisi Tentang Sumpah Pemuda Saksi Tiga Ikrar" tidak ada salahnya jika kita berbicara tentang peran pemuda, tentu saja sangat banyak baik dalam rangka merebut kemerdekaan, ataupun guna mengisi kemerdekaan. Kita semua mengakui bahwa seorang pemuda merupakan suatu generasi penerus bangsa Indonesia yang kita cintai ini untuk menciptakan bangsa yang mandiri. Maka generasi muda pun menjadi komponen yang sangat penting dan perlu dilibatkan dalam pembangunan bangsa Indonesia, baik secara nasional ataupun secara daerah.

Barangkali ada yang bertanya, "Mengapa bisa demikian?" 
Ini semua sangat berkaitan erat dengan dasar dari generasi muda pada hakikatnya memiliki fisik yang kuat, punya pengetahuan yang baru, inovatif, dan juga memiliki tingkat kreatifitas yang begitu tinggi.

Kondisi di ataslah yang membuat peranan pemuda sebenarnya penting dalam proses guna meraih kemerdekaan bangsa Indonesia maupun sebagai penerus bangsa.


Dengan demikian, maka rasa persatuan dan kesatuan pun sangat berarti. Itulah alasannya, bahwa sejarah menuliskan adanya Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. 



Bercerita tentang Sumpah Pemuda, maka kali ini situs Nusantara Berpuisi tidak mau melewatkan hari yang sangat penting untuk diketahui, lalu tak lupa saya suguhkan sebuah puisi kebangsaan yang berjudul SAKSI TIGA IKRAR guna memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 93 ini.

SAKSI TIGA IKRAR

Karya: Adi Taufik, S.Pd
           (Ridho An Nidzar)

Langit dan bumi saksi abadi
Tiga ikrar pemuda negeri  
Bersatu dalam tujuan suci
Demi meraih rida Ilahi

Persatuan dan kesatuan telah terjalin
Sabang hingga Merauke bukanlah lain
Mengikat erat lahir dan batin
Menggapai tujuan yang kita ingin

Mata menatap secara sadar
Kini bendera telah berkibar
Kenyataan 'tak lagi diingkar
Bahwa, kemerdekaan itu benar

Lalu, apa peranmu wahai pemuda?
Di balik kemerdekaan yang telah nyata
Mari, lanjutkan segala yang berguna!
Jangan sia-siakan pengorbanan kusuma

Kenanglah pahlawan dalam sejarah
Seiring doa pada Sang Maha Pemurah
Pahlawan kita yang kini mengarwah
Semoga sampai surga yang indah

Lampung, 28 Oktober 2021


Ilustrasi Puisi Saksi Tiga Ikrar

Kesimpulan Penulis

Pemuda merupakan peran yang sangat penting dalam merebut kemerdekaan RI. 
Apabila tidak ada Sumpah Pemuda dan peran pemuda Indonesia pada saat itu, maka bangsa Indonesia pastinya akan sulit meraih kemerdekaan dan mengalami perubahan bahkan barangkali kehilangan identitas bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, peran pemuda sebagai tulang punggung bangsa sangatlah dibutuhkan baik dari saat berjuang merebut kemerdekaan ataupun dalam rangka mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia yang kita cintai ini.

Post a Comment for "Puisi Tentang Sumpah Pemuda Saksi Tiga Ikrar"